Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?

Welcome guys, pernah merasakan kenapa ketika kita rajin berolahraga tapi berat badan tidak kunjung turun ? Nah pada kali ini saya akan mengulas sedikit tentang pengaruhkah massa otot dalam berat badan.

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan di atas sangatlah simpel. Logikanya, jika kalian melakukan latihan dengan serius maka bagaimana bisa berat badan kalian tidak turun bahkan bisa naik? Nah jawabannya adalah bisa. Hal itu sangat mungkin, tapi penambahan berat badan bukan karena kalian semakin gemuk.

Melainkan, massa otot lah yang mengalami kenaikan. Hal ini terjadi karena massa otot lebih berat daripada lemak. Jadi, berat badan kalian akan naik meskipun lemak akan berkurang. Dengan begitu, artinya massa otot yang kalian idamkan telah menampakkan wujudnya. Seharusnya, kalian lebih senang dengan jawaban ini, bukan malah menjadi khawatir.

Awalnya, kalian mungkin tidak sadar dan mengira bahwa tubuh kalian gemuk karena mengalami kenaikan berat badan. Namun, orang yang berada di sekeliling kalian akan menyadari perubahan bentuk badan kalian semakin tegap dan ideal.

Menambah massa otot, itu bukan perkara mudah. Namun bukan berarti kalian juga harus melakukan angkat beban dengan berat ekstrem untuk meraih massa otot yang diidamkan. Otot selalu terbentuk setiap kali melakukan latihan ringan sekalipun. Seperti halnya, berlari, bersepeda, berenang, bahkan sit up dan push up juga dapat membentuk massa otot. Namun masalahnya, sering kali otot tersebut masih kalah dengan jumlah kalori yang ada di dalam tubuh kalian.

Akibatnya, otot tertutupi dengan lemak-lemak tersebut. Maka, jika kalian menginginkan otot yang nampak berurat dan kekar, maka musuh kalian adalah lemak yang ada di dalam tubuh kalian sendiri. Perangi lemak yang ada pada tubuh kalian dengan berlatih rutin dan menjaga pola makan dengan menu yang kaya akan nutrisi.

Namun, jika kalian telah mendapatkan massa otot kalian, berarti kalian adalah orang yang sangat konsisten. Karena, otot akan terbentuk jika kalian telah melakukan latihan dengan rutin. Program-program latihan, jadwal latihan, dan pola makan yang sehat tentunya telah memberikan dampak yang luar biasa bagi kalian.

Jadi jika berat badan kita berkurang atau tetap bahkan naik, kita jangan sedih dulu bisa jadi massa otot kita lah yang semakin bertambah. Oke jadi cukup lah ulasan kali ini. Semoga bermanfaan ya guys.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka