Keunggulan Angkat Beban dan Jogging

Angkat beban dan Jogging memang sudah menjadi olahraga populer di masyarakat, hal ini ditandai dengan banyaknya trek lari dan tempat fitness yang bertebaran di mana-mana. Angkat beban memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jogging, begitupun sebaliknya, lari juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan olahraga angkat beban. Bisa dibilang sama sama memiliki keunggulan.

 Angkat Beban

Namun khusus pada materi yang saya bahas kali ini, saya akan membahas poin pertama terlebih dahulu, yaitu beberapa kelebihan angkat beban bagi tubuh kita. Berikut ulasannya:

1. Mengencangkan Otot
Otot-otot yang kencang ada yang terlihat keras dan padat tidak lembek dan kendor. Ini diartikan bahwa kita bisa melihat dengan jelas lekuk otot anda, bentuknya dan batas-batasnya dengan bahasan lain otot anda tidak rata seperti otot pada kebanyakan wanita.

Pembentukan otot adalah hasil dari latihan beban yang teratur dan berkelanjutan. Bila kita tertarik terhadap pengencangan otot, kita harus melakukan sesering mungkin mengulangi gerakan-gerakan angkat beban, hal ini dimaksudkan  supaya terbentuk otot yang lebih baik dan kencang tentunya tanpa banyak menambah ukuran otot.

2. Pembentukan Tubuh
Program pembentukan tubuh memberikan manfaat yang sama seperti program pembentukan otot, tetapi program ini juga menghasilkan peningkatan ukuran otot secara drastis. Dengan pembentukan tubuh, kita tidak saja mengalami pengerasan otot dan penambahan kekuatan, tetapi juga peningkatan ukuran otot.

3. Mengapa Tidak Lari atau Jogging ?
Latihan aerobik seperti jalan dan jogging baik sekali bagi peningkatan kebugaran jantung dan ketahanan otot di kaki, tetapi latihan semacam ini tidak banyak membantu pembentukan tubuh dan peningkatan kelenturan anda secara keseluruhan, bahkan dalam ketahanan otot dan tingkat kekuatan pada tubuh bagian atas.

Salah satu kelebihan latihan aerobik dibandingkan angkat beban adalah kita hanya membutuhkan peralatan yang minim dan dapat anda lakukan hampir dimana saja. Berenang, bersepeda, merupakan latihan aerobik, malah lebih baik dari jogging untuk kelenturan secara keseluruhan, ketahanan otot, dan tenaga, tetapi semuanya masih kurang bila dibandingkan dengan apa yang dapat dilakukan program latihan beban didalam memperkuat dan membentuk bagian tubuh tertentu. Program latihan beban meningkatkan kekuatan otot, ketahanan otot, komposisi tubuh (rasio otot dan lemak terhadap seluruh berat tubuh), kelenturan dan dalam tingkatan yang lebih kecil, kebugaran jantung. Jadi, apabila tujuan kita adalah untuk meningkatkan kebugaran jantung, kita harus memasukkan satu atau lebih jenis latihan aerobik yang telah disebutkan di atas dalam program latihan kita. Tetapi apabila tujuan kita adalah meningkatkan kelenturan secara keseluruhan, ketahanan dan kekuatan otot serta komposisi tubuh, maka kita perlu memilih jenis latihan yang tepat.

Itulah beberapa keunggulan angkat beban dibandingkan lari atau jogging, namun yang perlu perhatikan adalah kedua olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi jika ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal maka kita harus menggabungkan kedua olahraga ini dengan bijak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?