Cara merawat sepatu dengan baik

Sepatu adalah suatu barang yang kita pakai ketika bepergian, entah bersama teman, sekolah atau kerja. Sepatu layaknya diri kita, yang harus kita jaga dan rawat. Apabila tidak kita rawat dengan sebaik mungkin, maka sepatu kita tidak dapat bertahan lama dan bisa mudah rusak. Beberapa tips untuk merawat sepatu dengan baik adalah:






Cuci menggunakan detergen

Biar sneakers-mu selalu terliha kinclong dan bersih, jangan biarin ada setitik nodapun yang menempel di sneakers-mu itu. Jika hal tersebut terjadi, jangan menunda-nunda untuk membersihkannya. Nggak perlu mencuci secara keseluruhan, tapi tuangkan sedikit deterjen yang sudah diberikan sedikit air panas lalu gosokkan ke spot noda tersebut untuk membersihkannya.


Pakai sikat gigi

Untuk membersihkan detail kotoran pada sepatu, gunakanlan sikat gigi untuk menyikat bagian selipan yang susah dijangkau oleh sikat baju ataupun mesin cuci. Terlebih lagi, bulu sikat gigi juga terbukti lebih lembut yang dapat membantu mnejaga kelembutan dan kualitas sneakers-mu. Karena tak terlihat, bukan berarti terbebas dari noda dan kotoran, kan.


Cuka dan baking soda ampuh

Untuk noda kecil membande dan susah hilang menggunakan deterjen, kamu bisa mencoba membersihkannya dengan menggabungkan cuka dengan baking soda yang ampuh mengusir noda membandel di snekaers-mu.


Bersihkan bagian dalam juga

Saat membersihkan sepatu, penting juga untuk memperhatikan bagian dalam sepatunya. Meskipun tak terlihat kotor, pasalnya terdapat banyak kuman dan debu juga dari hasil kegiatanmu sehari-hari. Jadi, pastikan juga bagian dalam sepatumu sudah bersih. Untuk menghilangkan aroma tak sedap, kamu bisa meletakan kopi di dalam sepatumu itu.


Perhatikan cuaca

Nah ini dia yang penting. Untuk merawat sneakers agar tahan lebih lama, pastiin kamu memperhatikan cuaca sebelum keluar rumah. Kalau sekiranya sedang musim hujan, pastiin kamu menyimpan rapih sepatu putihmu di rumah dan gunakan sepatu yang lebih kuat dan aman. Selain dapat membantu melindungi kakimu dari lembab dan basah, kamu juga bisa merawat sepatu tersebut agar bertahan lebih lama.


Jangan biarkan terlalu lama kotor

“Ah, kotor dikit, nggak apa-apa deh!”

Hindari anggapan dan persepsi seperti itu. Pasalnya, menyepelekan noda kecil yang ada di sepatu, lama-kelamaan noda tersebut bisa menjadi permanen dan merusak kecantikan sepatumu. Usahain untuk langsung mencucinya setiap kali kamu melihat noda membandel di sepatu. Meski kecil, tapi kalau dibiarkan bisa jadi noda permanen, lho!


Keringkan dengan sempurna

Ini juga yang tak kalah pentingnya. Saat menjemur sepatu, pastikan sepatu tersebut telah kering dengan sempurna sebelum kamu gunakan untuk beraktivitas. Usahakan untuk menjemur di bawah sinar matahari, bukannya asal mengeringkan atau diletakan di depan kipas angin agar cepat kering. Kalau sepatumu nggak kering sempurna, bukan hal yang mustahil lho malah jadi sarang kuman dan juga jamur. Ditambah lagi kalau kamu gunakan untuk olahraga, keringat yang dihasilkan dari kaki dan juga lembab dari sepatu tersebut akan menyatu, menghasilkan aroma yang tak sedap dan juga bisa menimbulkan jamur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?