Hobi ?

Semuanya pasti tau apa yang dimaksud dengan hobi ? Hobi adalah sesuatu kegiatan yang kalian sukai, entah itu berenang, menyelam, hunting foto, bersepeda, atau berbagai macam hal lainnya.
Pastinya kalian punya hobi dong walaupun sedikit. Saya mau cerita sedikit nih tentang hobi saya. Simak ya hehe...

Hobi saya itu bermain musik, atau lebih tepatnya si bermain musik tradisional. Bermain musik tradisional disini bukan berarti bisa memainkan segala alat musik dari berbagai macam daerah (hebat banget dong), saya bisa bermain alat musik tradisional yang berasal dari budaya betawi yaitu gambang kromong. Tapi untuk sekarang, saya sudah jarang memainkannya lagi karena ada alasan tertentu. Yang pertama saya kenalkan dulu apa si kesenian gambang kromong itu ?

Gambang Kromong adalah kesenian tradisional betawi dengan memadukan gamelan dan alat musik dari tionghoa. Alat musik yang digunakan terdiri dari gambang dan kromong itu sendiri, lalu ada gong, kendang, kecrek, tehyan, sukong, kongahyan. Lagu yang dibawakan tentu saja itu lagu tradisional (bukan lagu pop ya). Nah biasanya yang menyanyikan lagu adalah kaum wanita, tapi tak jarang ada juga penyanyi pria. Karena, ada beberapa lagu yang dikhususkan terdapat suara pria didalamnya.

Nah jadi itu penjelasan sedikit tentang gambang kromongnya, balik lagi ke topik. Alasan kenapa saya sekarang sudah jarang bermain itu. Pertama, banyak diantara teman teman saya dan termasuk saya sudah menempuh jalan hidupnya masing-masing dalam arti tidak memiliki waktu luang. Kedua, ada faktor internal didalam grup tersebut. Mungkin terkadang saya terfikirkan untuk memainkan alat musik tradisional tersebut, saya merindukan masa masa dimana saya dan teman teman saya memainkan alat musik tersebut.

Hobi saya dalam bermain musik tradisional tersebut, berawal sejak masa SMP. Karena itu adalah salah satu ekskul yang dibanggakan dan bisa membanggakan sekolah. Dan jarang pula sekolah yang memiliki ekskul gambang kromong atau kesenian tradisional. Berawal dari SMP kemudian saya membuat grup antara pemain gambang kromong yang lain, dan akhirnya saya dan teman teman saya dapat aktif bermain diluar sekolah. Tapi tak bertahan lama, hanya sampai saya lulus SMA, setelahnya saya sudah sangat jarang memainkan alat musik tradisional tersebut.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan tentang hobi saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?