Pengaruh Gadget pada Anak-anak


PENGARUH GADGET PADA ANAK


Assalamualaikum wr. wb. Hallo, nama saya Langgeng Agam Dwi P atau bisa dilihat juga di profil saya. Saya baru pertama kali menulis blog seperti ini, jadi harap dimaklumi jika ada sesuatu hal yang kurang bagus untuk dibaca hehe... Jadi kembali ke judul tulisan ini.

Gadget adalah suatu alat yang dapat menghubungkan kita untuk mencari informasi, berkomunikasi, berinteraksi dengan dunia luar ataupun berbagai macam hal lainnya. Gadget disini memiliki efek yang negatif ataupun positif tergantung dari bagaimana cara orang memakainya. Ada banyak hal positif yang kita dapat ketika kita memakai gadget seperti mendapatkan informasi baru, dapat beromunikasi dengan orang yang jauh dan masih banyak lagi. Sedangkan, ada beberapa juga hal negatif yang kita dapat salah satunya adalah penipuan ketika berbelanja online (pernah saya alami). 

Zaman sekarang tidak hanya orang dewasa saja yang sudah bisa mengoperasikan gadget dengan baik, bahkan anak anak saja sudah bisa memainkan gadget terutama HP. Disini, anak anak sudah sangat mahir memainkan HP, mendownload berbagai macam aplikasi, mendownload lagu atau berbagai macam hal yang lainnya. Dampak positif yang didapat oleh anak adalah bisa meningkatkan pengetahuan mereka tentang tekhnologi, tapi tak luput juga akan dampak negatifnya. Mereka dapat salah mengoperasikan HP tersebut untuk bermain hingga lupa akan tugas sekolah, dan bahkan sampai lupa akan waktu.

Untuk meminimalisir dampak seperti itu, peran orangtua sangatlah penting untuk mengawasi dan juga membinbing anak-anak untuk mengakses hal hal yang bersifat positif dan juga membatasi dalam penggunaan gadget. Para orangtua juga bisa sesekali mengajak anak-anaknya bermain bersama ataupun rekreasi ke suatu tempat agar sang anak dapat bersosialisai langsung dan tidak terlalu sering bermain gadget.

Jadi cukup sekian postingan pertama dari saya wassalammualaikum wr. wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?