DALGR

PENDAHULUAN

Aspek keamanan saat ini dan dimasa yang akan mendatang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan saat ini. faktor privasi juga turut mempengaruhi akan pentingnya suatu sistem keamanan. Kemajuan teknologi seiring dengan berkembangnya zaman khususnya dalam bidang elektronika ikut membantu dalam pengembangan sistem keamanan yang mantap dan handal. Salah satu aplikasi sistem keamanan adalah untuk pengamanan kendaraan bermotor. Kelebihan sistem keamanan yang berbasiskan elektronika disbanding sistem keamanan konvensional seperti manusia adalah kemampuan beroperasi terus menerus dan dapat secara otomatis terhubung dengan perangkat lain.

Inovasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalammelakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada.

Faktor-faktor pendukung keberhasilan inovasi adalah:

1. Inovasi harus berorientasi pasar. Banyak inovasi yang sekedar memecahkan masalah secara kreatif tetapi tidak mempunyai keunggulan bersaing dipasaran. Untuk itu perlu diperhatikan hubungan inovasi dengan kebutuhan pasar yang di dalamnya terdapat 5C, yaitu competitor (pesaing), competiton (persaingan), change of competition (perubahan persaingan), change driver (penentuan arah perubahan), dan customer behavior (perilaku konsumen).

2. Inovasi harus mampu meningkatkan nilai tambah perusahaan. 

Suatu inovasi mampu meningkatkan nilai tambah perusahaan apabila memenuhi hal-hal berikut: 
a. Terdapat unsur efisiensi dan efektivitas dalam suatu inovasi, sehingga tidak akan mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi kemajuan perusahaan. 
b. Inovasi harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan, hal ini dilakukan agar tidak menyimpang dari arah pertumbuhan usaha (contra productive). 
c. Inovasi harus bisa ditingkatkan lagi, sehingga terjadi inovasi yang berkelanjutan (continuous improvement) hingga perusahaan tumbuh menjadi lebih baik dan lebih berkembang

Jenis kemampuan berinovasi:
1. Invensi (penemuan) yaitu penemuan produk atau jasa yang benar-benar baru. 

2. Ekstensi (pengembangan) yaitu pemanfaatan baru atau penerapan lain pada produk, jasa atau proses yang telah ada. 

3. Duplikasi (pengadaan), yaitu replikasi kreatif atas konsep yang telah ada. 

4. Sintesis, yaitu kombinasi dari konsep atau faktor-faktor yang telah ada dalam penggunaan formulasi baru.

Prinsip-prinsip inovasi:
1. Prinsip keharusan meliputi: keharusan menganalisis peluang, kehausan memperluas wawasan, keharusan untuk bertindak efektif, keharusan untuk tidak berpikir muluk. 
2. Prinsip larangan meliputi: larangan untuk berlagak pintar, larangan untuk rakus, larangan untuk berpikir terlalu jauh kedepan.

Berikut hal-hal yang dapat mengembangkan cara berpikir inovatif:
1. Membiasakan memiliki mimpi. 
2. Memperkaya ide.
3. Membiasakan diri menerima perbedaan perubahan. 
4. Menumbuhkan sikap empati. 
5. Merupakan kemapuan inovatif.

Sistem informasi

Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

1. Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash
Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

2. Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas
Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dariprosedurprosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Inovasi Sistem Informasi

Inovasi Sistem informasi adalah kegiatan meneliti, mengembangkan, dan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.

Manfaat Inovasi Sistem Informasi
Inovasi dalam sistem informasi berguna untuk mengembangkan operasi operasi manajemen yang digunakan berbagai macam perusahaan. Contohnya manfaat dalam Sistem Informasi adalah meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi bisnis, membangun sumber sumber informasi strategis. Dalam Teknologi Informasi, inovasi inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk yang berkembang. Dapat juga membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan perusahaan.

New Technology

Tak dapat dimungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis, dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan objek-objek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien, dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Selain itu juga, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal laut untuk kebutuhan melaut.

Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.

Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu 
Kemajuan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress), Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.

Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress), Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.

Kemajuan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress), Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

PEMBAHASAN

Kasus pencurian motor

Telah terjadi kejadian pencurian motor di kampus Gunadarma, pelaku mencuri motor memakai motor yamaha jupiter di kampus H Gunadarma, Depok.

Pelaku berhasil kabur tepat sebelum pemilik motor menuju ke tempat motor tersebut.  Kejadian ini berlangsung pada pukul 13.00 WIB. Menurut korban, kejadian berlangsung pada saat koban sedang kerja kelompok di kampus H Gunadarama. 

Alarm motor pada saat ini

Apakah sistem pengaman yang ada pada kendaraan saat ini sudah benar-benar mengamankan kendaraan saat ini atau hanya sekedar mengamankan barang-barang yang ada pada kendaraan?

Caranya :
Aktifkan alarm yang ada pada kendaraan saat ini, coba hidupkan mesin kendaraan, apabila mesin kendaraan masih bisa dihidupkan biarpun alarm berbunyi, maka kendaraan belum aman 100% karena alarm bisa dimatikan dalam hitungan detik saja.

Menurut pembaca makalah ini sistem pengaman motor injeksi dan karbu apa yang tercanggih saat ini?

Seperti pada alarm motor yang ada di pasaran, itulah sebabnya kenapa motor yang hilang telah dilengkapi dengan alarm, karena alarm yang ada di pasaran fungsinya hanya ON/OFF saja, sehingga mudah dilumpuhkan dalam hitungan detik, bahkan oleh pencuri pemula sekalipun.

Seperti itulah sistem yang ada pada kendaraan saat ini, sehingga mudah dilumpukan dalam hitungan detik. Kami telah melakukan pengembangan untuk alarm motor ini menjadi lebih aman dan mudah, sehingga pemilik motor tidak khawatir saat meninggalkan motornya.

Pengenalan DALGR

Dalam kasus diatas, DALGR adalah nama aplikasi keamanan yang telah kami kembangkan. Pembuatan aplikasi ini berawal karena banyaknya kasus pencurian motor yang sedang marak terjadi dan banyak motor yang tidak dapat ditemukan kembali. Sehingga kami memutuskan untuk membuat aplikasi DALGR. Sistem ini cukup efisien bagi para pengguna karena sangat mudah mengoperasikannya. 


Logo DALGR


Berikut adalah diagram alur dalam pengoperasian DALGR :





Teknologi yang dipakai pada DALGR

Teknologi yang dipakai pada DALGR adalah teknologi yang sangat mengikuti zaman dan menggunakan alat yang sering digunakan oleh masyarakat umum. Karena DALGR ini berbasis aplikasi maka smartphone sangat dibutuhkan disini. Kita dapat mematikan mesin motor yang di curi dengan hanya menggunakan smartphone.



Gambar 3.4.1 Tampilan awal aplikasi DALGR

Didalam aplikasi ini juga terdapat teknologi untuk mencari lokasi motor yang sudah di curi. Hanya dengan memasukkan plat nomor yang hilang. Motor akan terdeteksi keberadaannya di dalam aplikasi ini seperti halnya dalam google maps. Pemilik motorpun tidak perlu khawatir karena motornya hilang, sebab dapat terdeteksi di aplikasi tersebut.

Berikut adalah desain aplikasi DALGR :






Kelebihan dan Kekurangan DALGR

Kelebihan :
Mudah untuk diakses
Hanya membutuhkan smartphone

Kekurangan :
Membutuhkan koneksi internet yang stabil
Hanya dapat digunakan oleh pengguna motor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?