Animasi dan Desain Grafis


Assalamualaikum wr wb. selamat datang kedalam blog saya. Kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang animasi dan desain grafis.

  • Pengertian Animasi 

Kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia inggris yang dimana berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup.

Animasi juga disebut sebagai suatu teknik menampilkan gambar berurut sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata sehingga perubahan yang terjadi tidak harus dalam bentuk gerakan, tetapi juga bisa berupa perubahan warna.

  • Jenis jenis animasi

Menurut Hofstetter, animasi memiliki empat jenis antara lain adalah:

1. Frame Animation

Frame Animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.

2. Morphing

Morphing adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.

3. Computational Animation

Computational Animation ialah uatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.

4. Vector Animation

Vector Animation yakni suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.


Itulah sedikit penjelasan tentang animasi, berikutnya saya akan menjelaskan tentang desain grafis



  • Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) untuk menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Atau dengan kata lain Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide-ide . dengan alat utama adalah gambar dan tipografi .

Disamping untuk penerapan pada bidang Seni Rupa secara Seni murni, Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, Signage dan lain-lain, untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual.

  • Kategori Desain Grafis

Desain dapat dibedakan menjadi beberapa kategori:

1. Product Identity (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain  professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan Lansdcape.

2. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.

3. Desain Produk, packaging dan sejenisnya.
Seorang Designer Grafis harus mempunyai pengetahuan komunikasi public yang cukup agar apa yang akan disampaikan kepada target tertentu dan situasi yang ditentukan akan diterima, dimengerti dan mengundang respon yang sesuai dengan konsumen tertentu.

4. Web Desain: desain untuk halaman web.

5. Movie & multimedia termasuk Video, animasi dan special effect.


  • Program Pengolahan Desain Grafis 

Ada pula beberapa contoh program aplikasi yang bisa kita gunakan untuk pengolahan grafis, antara lain:

1. Corel Draw
Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

2. Adobe Illustrator
Interface yang hampir mirip dengan sepupunya, Adobe Photoshop, memudahkan pengguna yang sebelumnya sudah pernah memakai perangkat lunak manipulasi foto tersebut mengenali worksheet di Adobe Illustrator. Namun begitu, palet-palet yang ada di AI ini cukup membingungkan bagi user yang baru pertama kali menggunakan produk Adobe.

3. Adobe InDesign.

4. Adobe Photoshop.

Itulah beberapa program untuk pengolahan grafis, itu hanya beberapa contoh saja dan masih banyak lagi aplikasi yang dapat digunakan untuk pengolahan grafis. Selanjutnya saya ingin menjelaskan hubungan antara animasi dengan desain grafis.

  • Hubungan antara Animasi dan Desain Grafis
Hubungan antara Animasi dengan Desain Grafis terletak pada unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang dan warna. Sedangkan yang membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek structural komposisi yang lebih luas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?