Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peranan Teknologi Informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi Informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis, memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi dan manjemen organisasi.

Secara garis besar, peran Teknologi Informasi adalah :

  • Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
  • Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
  • Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

 

Salah satu contoh penerapan/pengaplikasian teknologi informasi dalam proses komunikasi di bidang pendidikan adalah sebagai berikut:

1.Sebagai media pembelajaran daring (online)

2.Sebagai media belajar online dengan cangkupan yang lebih luas sebagai pengganti buku dan digantikan teknologi buku elektronik.

3.Sebagai media belajar kelompok. Karena teknologi smartphone yang dilengkapi aplikasi messenger seperti whatsapp dapat membuat grup antar siswa agar lebih mudah dalam melakukan diskusi berkelompok tanpa harus berkumpul.

4.Dengan adanya teknologi untuk metode belajar siswa akan memiliki pengetahuan yang lebih luas sebagai contoh mesin penulusur google yang memiliki banyak sekali artikel dan ilmu didalamnya yang dapat kita akses secara gratis.

5.Peran teknologi terhadap siswa lainnya sebagai media untuk mendapatkan pengumuman dari seorang guru atau ketua kelas jika ada PR ataupun pengumuman untuk libur memalui smartphone via sms ataupun online messenger atau whatsapp

6.Lebih ringkas dalam pembelajaran karena materi yang tertera pada teknologi mesin telusur google menunjukkan apa yang sedang kita cari dan sangat memudahkan kita dalam menemukan suatu jawaban tanpa memakan waktu lama dan dapat mempersingkat waktu dalam pencarian artikel atau wacana untuk para siswa siswi belajar.

 

Keuntungan dan kerugian penggunaan teknologi informasi untuk proses komunikasi adalah sebagai berikut :

 Keuntungan

  • Memudahkan proses komunikasi terhadap kerabat atau teman dekat yang letaknya sangat jauh untuk bertemu atau bertatap muka langsung.

 Kerugian

  • Mengurangi jalinan silaturrahmi antar sesama, karena dengan memberi kabar lewat sms, telepon, dan semacamnya itu sudah cukup.
  • Menciptakan seseorang menjadi seseorang yang individualis, karena terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri.
  • Semakin maraknya kejahatan yang beredar di dunia maya, seperti hacker. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?