Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

 

  • Peranan teknologi informasi dalam proses komunikasi!

Berdasarkan pengertian diatas kita dapat mengartikan bahwa peranan nya teknologi informasi dalam komunikasi yaitu gabungan antara teknologi informasi yang ada dengan teknologi komunikasi dengan ada penggabungan itu terciptalah teknologi informasi dan komunikasi yang mana Ciri revolusi ini adalah kemudahan, kecepatan dan ketepatan untuk memperoleh serta menyebarkan berita dan pesan serta menyusun, menciptakan dan menggunakan berita dan pesan untuk berbagai macam kepentingan termasuk untuk mempengaruhi keadaan.

  • contoh penerapan/pengaplikasian teknologi informasi dalam proses komunikasi dibidang pendidikan!

Sebagai Infrastruktur Pembelajaran,TIK sangat berperan sebagai infrastruktur pembelajaran di mana bahan ajar tersedia dalam format digital dengan begitu proses belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Para murid tidak harus terpaku belajar pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Saat senggang dan sedang berada di tempat umum, mereka tetap bisa belajar melalui gadget mereka.

 
Sebagai Sumber Bahan Ajar,Kini sumber bahan ajar para tenaga pendidik tidak hanya bisa didapat dari buku saja. TIK juga bisa dijadikan sebagai sumber bahan ajar yang mengikuti perkembangan zaman. Ada banyak bahan ajar yang bisa didapat dari seluruh belahan dunia sehingga ilmu yang didapat pun lebih banyak.

 
 Sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pembelajaran, Tidak lagi menggunakan papan tulis dan kapur, kini proses belajar-mengajar telah didukung oleh TIK. Sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran, TIK akan membuat proses belajar-mengajar jadi lebih inovatif dan menyenangkan. Cara tersebut juga dikenal efektif karena lebih modern. Untuk itu para tenaga pendidik juga wajib untuk mengikuti perkembangan teknologi supaya bisa mengajar sesuai tren yang sedang berkembang. Para murid pun bisa mengeksplorasi ilmu pengetahuan dengan lebih luas dan secara mandiri.

 
Sebagai Skill dan Kompetensi, Penggunaan TIK harus proporsional. Maksudnya adalah TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi disesuaikan dengan porsinya masing-masing. Jangan sampai TIK untuk masyarakat berpendidikan universitas diberikan kepada masyarakat pedesaan yang rata-rata memiliki latar belakang pendidikan rendah.


Sebagai Media Konsultasi, Internet banyak dimanfaatkan sebagai media berkonsultasi dengan pakar yang berada di tempat lain. Baik tenaga pendidik maupun pelajar sama-sama bisa memanfaatkannya untuk mendukung kegiatan belajar mereka langsung dari pakarnya tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

 Sebagai Media Belajar Online, Belajar bisa dilakukan di mana saja, termasuk secara online menggunakan internet. Banyaknya website, blog, forum, atau aplikasi yang kini banyak tersedia di internet membuat siapa saja bisa belajar secara online. Contohnya saja ada perpustakaan online, yaitu perpustakaan dalam bentuk digital yang menggunakan internet sebagai wadahnya. Siapapun bisa mengakses sumber-sumber ilmu dengan cara mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu.


 

  • Keuntungan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi


    Memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi
    Membuka peluang bisnis baru
    Mendorong tumbuhnya proses demokrasi
    Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik
    Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh (telemedicine)
    Memperbaiki pendidikan melalui e-learning
    Mengembangkan kemampuan dan kesadaran masyarakat
    Memperkaya kebudayaan
    Menunjang pertanian
    Menciptakan lapangan kerja

  •  Dampak negatif atau kerugian penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi


    Mendorong munculnya kejahatan jenis baru
    Mempermudah masuknya nilai-nilai budaya asing yang negatif
    Mempermudah penyebarluasan karya-karya pornografi
    Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat
    Mendorong kekejaman dan kesadisan (violence and gore)
    Memperluas perjudian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur-fitur dari Traveloka

Apakah massa otot mempengaruhi berat badan ?